Cari Tahu Bagaimana Cara Kelici Melihat

Cari Tahu: Bagaimana Cara Kelici Melihat?

Pernah bertanya-tanya apa yang kelinci Anda lihat? Saya telah mendengar beberapa orang mengatakan mereka buta warna. Mengapa mata mereka pada sisi kepala?

Mengapa di Sisi dari Kepala?

Kelinci adalah hewan di alam liar yang menjadi mangsa bagi banyak predator. Dengan mata ditempatkan di sisi kepalanya, kelinci bisa melihat hampir 360 derajat dalam setiap arah, termasuk di atas. Hal ini memungkinkan kelinci untuk cepat melihat rubah, elang, dan predator lainnya, dan menghindari untuk menjadi makan malam.

Kemampuan untuk melihat ke segala arah seperti ini memiliki dua kelemahan untuk kelinci. Pertama ada blind spot kecil sekitar 10 derajat langsung di depan hidung kelinci dan di bawah dagunya. Inilah sebabnya mengapa menaruh benda yang ditempatkan langsung di depan kelinci dapat mengambil beberapa waktu untuk mereka menemukannya.

Masalah lainnya adalah dengan visi 3d juga dikenal sebagai persepsi kedalaman. Visi dari mata kita tumpang tindih memberikan kita rasa seberapa jauh item. Karena penempatan mata kelinci, hanya sekitar 30 derajat dari seluruh bidang mereka visi tumpang tindih, dan 10 derajat itu adalah blind spot.

Hasilnya sangat sedikit kemampuan melihat tiga dimensi untuk kelinci. Kelinci akan menggunakan paralaks untuk membantu dalam menentukan jarak suatu objek.

Penglihatan Kelinci – Warna dan Pencahayaan

Dalam mata itu sendiri adalah dua item yang membantu kita melihat, mereka disebut kerucut dan batang. Peran spesifik dari kerucut adalah untuk menerima panjang gelombang yang berbeda warna.

Mata manusia memiliki tiga kategori yang berbeda dari kerucut, mereka menerima berbagai panjang gelombang merah, biru dan hijau. Studi ilmiah tentang kelinci tampaknya menunjukkan bahwa kelinci memiliki kepekaan hanya dua warna, biru dan hijau. Ini memang membuktikan mereka buta sebagian warna.

Item lain yang membantu dalam visi disebut batang. Batang membantu kami dalam melihat secara jelas dan melihat dalam situasi cahaya rendah. Kelinci memiliki rasio yang lebih tinggi batang daripada kerucut.

Hal ini akan memungkinkan kelinci untuk melihat dalam situasi cahaya redup. Namun, kelinci juga tidak memiliki tapetum, yang adalah apa yang banyak hewan digunakan untuk penglihatan malam.

Gabungan keduanya akan menunjukkan bahwa kelinci dapat melihat dengan baik ketika mereka paling aktif, saat fajar dan senja, dan tidak dapat melihat dengan baik di malam hari.

Penglihatan yang jelas?

Di mata manusia ada sebuah daerah yang disebut centralis, yang sedikit menjorok. Kelinci juga memiliki daerah ini, namun, pada kelinci daerah ini tidak menjorok. Hasilnya adalah bahwa penglihatan kelinci cenderung agak kasar.

Kesimpulan

Jadi dengan visi yang terbatas, bagaimana kelinci Anda dapat mengidentifikasi Anda? Mereka akan menggunakan tidak hanya visi mereka, tetapi juga mendengarkan suara Anda, mengambil petunjuk dari aroma Anda, dan menjadi akrab dengan gerakan Anda. Memang mereka bisa mengenali Anda, tetapi gambar visual tidak sejelas kita.